KULINER KOPI KUNINGAN

Welcome To Alfian Blog: Mengenal Sedikit Kekhasan Kota Kuda ...
( Sumber : Alfian Blog ) 

         Kuningan adalah kota kecil yang berada di Jawa Barat dan Kuningan juga merupakan salah satu kota yang warganya masih banyak bermatapencaharian sebagai petani, petani jenis apapun. Hal ini tentunya didukung oleh keadaan alam Kuningan yang tanahnya relatif datar dengan variasi berbukit, kemiringan tanah yang beragam, memiliki bentang alam yang indah, udara yang sejuk, dan sebagai besar lahan di kota ini digunakan sebagai sektor pertanian. 
            Kota ini memiliki banyak desa di dalamnya, salah satunya yaitu Desa Cibeureum. Desa ini berada di Kecamatan Cilimus dan merupakan salah satu desa yang warganya menjadi petani kopi. Kopi yang menjadi salah satu ikon besar di Indonesia ini dapat kita jumpai di Desa Cibeureum. Kopi yang dihasilkan dari desa ini mulai dikenal oleh para pecinta kopi pada tahun 1985, dan saat itu warga Desa Cibeureum bertranmigrasi ke Lampung untuk mengadu nasib disana dengan bisnis kopi. Mereka yang sukses menjalankan bisnis kopi disana memutuskan untuk kembali ke Desa Cibeureum dan mulai dikenal oleh banyak orang.
            Seiring berjalannya waktu, para pecinta kopi mulai meruak baik dari generasi tua maupun generasi muda. Dengan semakin banyaknya pecinta kopi yang berada di Kuningan, hal ini menjadi peluang bisnis bagi sebagian besar warga Kuningan. Terbukti, Kuningan mulai berkembang dengan banyaknya coffeeshop bergaya modern yang berdiri dimana-mana karena tidak dapat dipungkuri Kuningan pun tidak ingin kalah dengan trend dan zaman. Dapat kita simak beberapa coffeeshop modern yang berada di Kuningan ini, yaitu sebagai berikut :

    1.     KOPI HILIR 

    

Alamat            : Jl. Ir. H. Juanda No.99A, Kuningan, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa

                          Barat 45511

Jam buka         : Pukul 14.00-22.00 WIB

Telepon           : 0811-2402-324

Social Media  : @kopihilir

Harga              : Rp 15.000 – Rp 35.000

        Kopi Hilir merupakan coffeeshop baru di Kuningan yang tentunya memiliki inovasi baru dibanding coffeeshop lainnya. Coffeeshop ini memiliki menu yang beragam dengan signature kopi yaitu Mist Coffee dengan sensasi heavy di dalam mulut. Coffeeshop ini biasa dikunjungi pada saat akhir pekan karena selain menunya yang beragam, tetapi menyediakan Wi-fi dan tempat yang nyaman dan instagramable sangat cocok untuk anak muda masa kini. 

    2.     QINTHARA COFFEE AND RESTO 

Alamat            : Jln RE. Martadinata no 28 Kel Ciporang Kab Kuningan Jawa Barat 45514

Jam Buka        : Pukul 11.00-20.30 WIB

Social Media   : @qintharacoffee

Harga              : Kurang lebih Rp 20.000

        Perlu kita ketahui, Qinthara merupakan nama dari sebuah keluarga. Unik bukan? Qinthara sendiri sudah lama berdiri dan terkenal di Kuningan, yang hampir ramai setiap harinya terutama pada malam hari dan saat-saat weekend. Qinthara sendiri merupakan salah satu tempat ngopi anak muda yang paling berbeda, karena penempatannya yang ditata seperti saung sunda dan lesehan sehingga tercipta rasa yang nyaman dan betah, ditambah dengan tersedia nya Wi-fi dan makanan berat juga makanan ringan yang tentunya dengan harga murah tapi rasa tidak murahan. Disini kalian bisa juga mencoba signature kopi mereka yaitu kopi Head Shot dan kopi Triple Kill. 

    3.     KOPI MEANDYOU 

    

Alamat            : Jalan Siliwangi No. 332 Cijoho-Kuningan ( Depan Pandu Motor )

Jam buka         : Pukul 13.00-23.00 WIB

Social Media   : @meandyoucoffee

Harga              : Rp 14.000 – Rp 40.000

        Coffeeshop ini biasa ramai pada saat sore menjelang malam hari, dan yang membuat unik adalah mini karaoke yang menjadi fasilitas pembeda yang disediakan di tempat ngopi ini. Pelanggan juga bisa menikmati livemusic yang disuguhkan oleh coffeeshop ini. Selain itu, letak dari tempat ngopi ini juga sangat unik yaitu berada di balkon lantai dua dan berada di pinggir jalan, sehingga para pengunjung pun bisa langsung menikmati view yang langsung menghadap ke jalan, tetapi bagi kalian yang mungkin sedang ingin ngopi dengan kondisi yang lebih private, coffeeshop ini juga menyediakan ruangan yang dikhususkan bagi kalian yang ingin berada di dalam ruangan, sembari menyantap kopi dan makanan ringan yang bisa kalian pesan di kedai ini. 

    4.     BOSHWEZEN KOFFIE 

    

Alamat             : Jalan siliwangi nomor 222, Kuningan.

Jam buka         : Pukul 10.00-20.00 WIB

Telepon           : 083824220878

Social media   : @official.boshwezen 

Harga              : Rp 17.000 – Rp 24.000

        Boshwezen Koffie atau kopi dari hutan, nama yang memiliki filosofi sangat dalam. Salah satu coffeeshop yang segi tempatnya sangat instagramable karena pengunjung yang datang dapat berfoto-ria karena properti dan pencahayaan yang mendukung karena menciptakan suasana yang hangat dan nyaman. Kalian bisa menikmati beberapa makanan juga yang disediakan disana, dan siganture kopi mereka yaitu hampir semua kopi yang berbahan dasar kopi lokal. Kedai ini ramai dikunjungi pada akhir pekan dan yang menjadi pembeda coffeeshop ini dengan coffeeshop lainnya adalah Boshwezen tidak hanya menjual kopi tetapi juga mengedukasi pengunjungnya tentang proses pembuatan kopi dari hulu sama hilir tersedia juga mesin roasting sehingga pengunjung dapat melihat cara pembuatan kopi oleh baristanya. 

    5.     KOPI HITAM COKLAT COFFEE AND FOOD'S

    

Alamat            : Jl. Raya Cirendang, Cirendang, Kec. Kuningan, jawa barat, Jawa Barat 45518

Jam buka         : Pukul 15.00-00.00 WIB

Telepon           : 0838-2472-8910

Social media   : @hitamcoklat.hc

Harga              : Rp 13.000 – Rp 25.000

        Hitam Coklat memliki arti bagi pemiliknya yaitu Hitam artinya abadi dan Coklat artinya alami dan nyaman, sehingga dapat kita asumsikan sebagai kealamian dan kenyaman yang abadi. Hitam Coklat memiliki signature kopi yaitu Sigle Origin dan beberapa kopi lainnya, selain itu kalian juga bisa menyantap makanan berat yang nikmat dengan harga terjangkau. Biasanya, kedai ini ramai pada saat weekday karena selain tempat yang nyaman dan fasilitas yang menunjang, Hitam Coklat juga berdiri karena didasari oleh keinginan owner nya yang ingin mengedukasi pengunjungnya mengenai kopi. 

    6.     KO&KOE CAFE ( KOFFIEKOENINGAN )

    

Alamat        : Jl. Raya Cigugur, Perumahan BTN Wahana 1 No. 105, Kuningan, Cigugur, Jawa                                   Barat. 45552

Jam buka         : Pukul 15.00-22.00 WIB ( hari biasa ) Pukul 11.00-16.00 WIB ( saat pandemic

                          covid-19 )

Telepon           : 08562250598

Social media   : @koffiekoeningan

Harga              : Rp 17.000 – Rp 22.000

        KoffieKoeningan atau kopi yang berasal dari Kuningan merupakan salah satu kedai kopi yang dilengkapi fasilitas Wi-fi dan karaoke serta livemusic untuk pengunjungnya sambil menyaptap kopi. Kopi siganture nya sendiri yaitu kopi susu gula aren, nutella, dan cheese. Selain itu, coffeeshop ini memiliki tempat yang nyaman terutama pada saat malam hari, karena cahaya yang disuguhkan sengaja dibuat nyaman agar pengunjung menjadi lebih nyaman untuk berlama-lama nongkrong disana. 

    7.     COFFEBENZ

    

Alamat            : Jl. Ahmad yani No 57 belakang kantor CPM POLISI MILITER Kuningan

Jam buka         : Pukul 14.00-22.00 WIB ( hari biasa ) Pukul 08.00-16.00 WIB ( saat pandemic   

                          covid-19 )

Telepon           : 081214416227

Social media   : @coffeebenzofficial

Harga              : Rp 10.000 – Rp 23.000

        Coffebenz merupakan nama yang diambil dari nama pemilik kedai kopi ini yaitu bapak H. Benhardi, coffeeshop ini dibuka dengan tujuan untuk meningkatkan pereknomian pribadi dan untuk membuka peluang usaha pekerjaan. Coffeeshop ini biasanya ramai pada saat ba'da Ashar dan ba'da Isya, dan Coffeebenz sendiri merupakan salah satu tempat nongkrong yang nyaman dan sengaja dibuat hangat karena tempatnya yang ditata sedemikian rupa, pengunjung juga dapat menikmati kopi sambil menikmati camilan dengan harga murah dan rasa yang tentunya enak. 

    8.     DUA4 KOPI

    

Alamat            : Jl. RE Martadinata No.24, Ancaran, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa    

                          Barat 45514

Jam buka         : Pukul 15.00-22.00 WIB

Telepon           : (0232) 8892609 atau 081283322424

Social media   : @dua4kopi

Harga              : Rp 15.000 – Rp 23.000

        Nama Dua4 Kopi ini diambil dari nomor tempat kedai ini berdiri, nomor 24. Dua4 Kopi memiliki beberapa fasilitas yang biasanya disukai oleh penyuka bola sepak, karena di kedai ini pengunjung bisa memakai fasilitas nobar yang telah disediakan, selain itu terdapat juga livemusic dan delivery order. Kedai ini ramai oleh semua kalangan pada saat weekeend dan hampir semua menu kopinya menjadi signature di kedai ini, selain itu menu-menu non-coffee dan makanan berat ataupun makanan ringan di kedai inipun memiliki rasa yang enak dengan harga yang terjangkau. 

    9.     OTAKU COFFEE

    

Alamat            : Jl. RE Martadinata Depan Perumahan Ciporang Ruko No 6-7 Kel. Ciporang  Kec/  

                          Kab. Kuningan 45514

Jam buka         : Pukul 16.00-00.00 WIB ( hari biasa ) Pukul 09.00-22.00 WIB ( saat pandemic 

                          covid-19 )

Social media   : @otakucoffee

Harga              : Rp 15.000 – Rp 22.000

        Otaku artinya maniac, dapat kita artikan Otaku Coffee artinya pecinta kopi atu seseorang yang maniac terhadap kopi. Kedai ini dibuat dengan tujuan untuk megedukasi masyarakat Kuningan tentang bagaimana proses pembuatan kopi yang baik dan benar itu seperti apa, sehingga pengunjung tidak hanya menikmati kopi tetapi juga teredukasi. Perlu kita ketahui, tempat di coffeeshop ini sangat aestetik dan instagramable terutama pada malam hari suasana nya sangat hangat dengan pencahayaan yang di tata sedemikian rupa. Kedai ini juga menyediakan beberapa makanan ringan yang enak dan harganya yang murah, kalian juga bisa mencoba kopi signature mereka yaitu Sweet Bonbon dan Miruku. 

    10.     RANTING COFFEE

Alamat            : Area parkir terminal tipe A Kertawangunan, Kuningan, Jawa Barat.

Jam buka         : Pukul 09.00-00.00 WIB

Social media   : @ranting.coffee

Harga              : Rp 17.000 – Rp 35.000

        Nama Ranting Coffee diambil berdasarkan filosofi dari pemilik kopi ini yang memiliki arti tersendiri, yaitu contoh kesederhanaan hidup. Coffeeshop ini terbilang baru berdiri di Kuningan dengan target sasaran untuk mahasiswa dan umum, biasanya kedai ini ramai dikunjungi pada saat malam minggu sampai malam senin, kedai ini difasilitasi oleh Wi-fi dan lapangan parkir yang cukup luas untuk pengunjungnya. Kalian juga bisa mencoba signature kopi mereka yaitu Irish  Coffee. 

        Jadi teman-teman itu dia beberapa kedai kopi yang berada di Kuningan dan merupakan salah satu dampak dari adanya trend ngopi yang meruak di Kuningan karena berkembangnya pencinta kopi yang membuka bisnis kopi. Perlu kita ketahui juga, kopi merupakan komoditi ekspor yang memiliki nilai ekonomis relatif di pasaran dunia dan salah satu komoditas unggulan yang berkembang di daerah Jawa Barat. Diharapkan melalui kopi lokal ini juga akan menjadi salah satu faktor agar Kuningan dapat membranding diri dan eksis di mata banyak orang sehingga tidak hanya kota-kota besar yang dapat berkembang dan mengikuti zaman, tetapi kota-kota kecil pula seperti Kuningan, melalui komditi ekspor ini.   


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

GENERASI STRAWBERRY DAN KESEHATAN MENTAL